pertemuan ke limabelas

Dipublikasi pada 9 Januari 2015 oleh 07muhyusuf

PERTEMUAN 15
LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BLOG DI WORDPRESSS.COM

  1. Buka situs wordpress.com, dan klik Buat Situs Web
  2. Setelah anda meng-klik “Buat Situs Web”, akan muncul form seperti di bawah ini:

Isilah form-form tersebut dengan alamat e-mail, nama user, password dan alamat blog. Nama user di sini adalah nama akun yang akan digunakan untuk login nantinya saat anda akan membuat tulisan di blog anda.
3. Scroll ke bawah dan klik “Buat Blog”

  1. Pada halaman selanjutnya, akan muncul option konfigurasi blog.
    Silakan isi dengan judul blog anda dan slogan atau beberapa kata yang mendeskripsikan blog anda, dan klik “Langkah berikutnya”
  2. Pilih tema yang akan anda gunakan untuk blog anda. Langkah ini bias langsung anda next saja, karena kita dapat memilih tema lagi nanti setelah blog kita jadi.
  3. Langkah selanjutnya, setelah konfigurasi awal selesai, anda akan menerima email konfirmasi dari wordpress. Setelah emailtersebut dikonfirmasi, barulah kita dapat memulai menulis di halaman blog kita
  4. Buka email anda, dan klik email konfirmasi dari wordpress.
  5. Konfirmasikan alamat email anda dengan meng klik “Konfirmassi alamat email” seperti pada gambar di bawah
  6. Setelah email dari wordpress tersebut dikonfirmasi,anda akan diarahkan ke halaman seperti yang tampak pada gambar di bawah, yang menginfokan bahwa anda telah memverifikasi email dan anda sudah dapat mulai menulis pada blog anda
  7. Anda dapat mulai membuat tulisan dengan mengklik icon seperti padagambar di bawah
  8. Gambar di bawah adalah tampilan halaman blog anda setelah anda menerbitkan tulisan anda

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

pertemuan ke empatbelas

Dipublikasi pada 9 Januari 2015 oleh 07muhyusuf

PERTEMUAN 14
RUMUS FUNGSI LEFT, MID dan RIGHT PADA MICROSOFT EXCEL
jika pada postingan sebelumnya tentang Microsoft Excel kita sudah belajar tentang Rumus-Rumus Standar di Microsoft Excel dan Cara Menggunakan Fungsi Logika di Microsoft Excel, kali ini kita akan belajar tentang Fungsi Rumus LEFT, MID dan RIGHT di Excel. Fungsi rumus LEFT, MID dan RIGHT biasanya digunakan untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel dimulai dari kiri, tengah ataupun kanan. Berikut Penjelasan selengkapnya tentang fungsi rumus LEFT, MID dan RIGHT di Excel: Fungsi Rumus LEFT Fungsi Rumus MID Fungsi Rumus RIGHT. Contoh Latihan 01. Fungsi Rumus LEFT Fungsi rumus LEFT adalah untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kiri. Penulisan Rumusnya adalah: =LEFT(Nama Cell, Jumlah Karakter)
1. Fungsi rumus LEFT
Fungsi rumus LEFT adalah untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kiri. Penulisan Rumusnya adalah: =LEFT(Nama Cell, Jumlah Karakter)
Example:

  1. Fungsi rumus MID
    Fungsi rumus MID adalah untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari TENGAH. Penulisan Rumusnya adalah: =MID(Nama Cell, Jumlah Karakter)
    Example:
  2. Fungsi rumus RIGHT
    Fungsi rumus RIGHT adalah untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari KANAN. Penulisan Rumusnya adalah: =RIGHT(Nama Cell, Jumlah Karakter)
    Example:

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

pertemuan ke duabelas dan tigabelas

Dipublikasi pada 9 Januari 2015 oleh 07muhyusuf

PERTEMUAN 12 & 13
MENGGUNAKAN FUNGSI VLOOKUP DAN HLOOKUP
Menggunakan Fungsi VLOOKUP Pada Excel
VLOOKUP adalah suatu fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan suatu nilai tertentu.
VLOOKUP merupakan singkatan dari vertical lookup yang menggambarkan proses kerjanya mencari data secara vertikal baris demi baris..
A. Praktek Penggunaan VLOOKUP
• Buka file tersebut dengan aplikasi MS Excel.
• Pada Sheet1 terdapat 2 tabel yang terpisah dengan judul Tabel Sumber dan Tabel Referensi.

  • Pada Tabel Sumber terdapat kolom Asal Kota dengan isi cell di bawahnya masih kosong semua. Semua cell kosong ini datanya akan dicari dan diambil dari Tabel Referensi.
    • Tempatkan kursor Anda pada alamat cell D4.
    • Tuliskan rumus berikut pada cell tersebut dan tekan tombol Enter.=VLOOKUP(C4,$G$4:$H$9,2)

Keterangan:
– C4 adalah merupakan cell untuk lookup value.
– $G$4:$H$9 adalah range statis untuk tabel referensi yang akan Anda butuhkan.
– 2 adalah nomor posisi kolom yang akan diambil datanya dari tabel referensi.

  • Rumus tersebut akan mengisi nilai Makassar pada cell D4.
  • Copy cell D4 tersebut ke cell-cell di bawahnya sampai alamat D9.
    • Rumus yang kita copy tersebut akan mengisi semua cell dengan baik sesuai dengan tujuan.
  1. PRAKTEK PENGGUNAAN FUNGSI HLOOKUP
    • Buka file tersebut dengan aplikasi MS Excel
    • Pada Sheet1 terdapat 2 tabel yang terpisah dengan judul Tabel Sumber dan Tabel Referensi.
  • Pada Tabel Sumber terdapat kolom Asal Kota dengan isi cell di bawahnya masih kosong semua.Semua cell kosong ini datanya akan dicari dan diambil dari Tabel Referensi.
    • Tempatkan kursor Anda pada alamat cell D7.Tuliskan rumus berikut pada cell tersebut dan tekan tombol Enter.=VLOOKUP(C7,$L$7:$Q$8,2)

Keterangan:
– C7 adalah merupakan cell untuk lookup value.
– $L$7:$Q$8 adalah range statis untuk tabel referensi yang akan Anda butuhkan.
– 2 adalah nomor posisi kolom yang akan diambil datanya dari tabel referensi.

-Rumus tersebut akan mengisi nilai Makassar pada cell D7
-Copy cell D7 ke cell-cell bawahnya sampai ke cell D12
– Rumus yang kita copy tersebut akan mengisi semua cell dengan baik sesuai dengan tujuan.

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

pertemuan ke sepuluh dan ke sebelas

Dipublikasi pada 9 Januari 2015 oleh 07muhyusuf

PERTEMUAN 10 & 11
BENTUK PENULISAN FUNGSI IF YANG DI KEMBANGKAN DENGAN TAMBAHAN SALAH SATU FUNGSI AND ATAU OR
Tes logika dalam microsoft excel yang menggunakan fungsi IF dapat dikembangkan dengan tambahan salah satu fungsi AND atau OR.fungsi-fungsi tersebut merupakan tambahan untuk mengembangkan tes kondisi dalam suatu data tertentu.
Rumus:
=IF(AND(test logika 1:test logika 2),nilai jika benar,nilai jika salah)
=IF(OR(test logika 1:test logika 2),nilai jika benar,nilai jika salah)
CONTOH SOAL:
1. Jika pengalaman kerja 5 tahun atau lebih, dan usia maksimal 30 tahun, maka calon pegawai lolos wawancara. Jika pengalaman kerja di bawah 5 tahun dan usia di atas 30 tahun , maka calon pegawai gugur seleksi.
2. Jika pengalaman kerja dibawah 3 tahun atau usia maksimal 26 tahun, maka calon pegawai lolos wawancara, jika pengalaman kerja diatas 3 tahun atau usia diatas 26 tahun, maka calon pegawai gugur seleksi.
Jawaban:
1.

2.

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

pertemuan ke tujuh dan ke sembilan

Dipublikasi pada 9 Januari 2015 oleh 07muhyusuf

PERTEMUAN 7 & 9
FUNGSI IF DAN PENGGUNAANNYA
1. IF (logical_test_value_if_true_value_if_false) atau = IF (kondisi;nilai_true;nilai_false)
•kondisi :merupakan kriteria acuan yang dijadikan pembanding
•nilai true :merupakan nilai untuk kondisi yang terpenuhi
•nilai false :merupakan nilai untuk kondisi yang tak terpenuhi

Example:
5 < :kurang dar 4-0
5> : 6 sampai ∞
5<= :kurang dar atau sama dengan 5
5>= :lebih dar atau sama dengan 5

  1. Contoh soal penggunaan fungsi IF:
    1. Tentukan rumus total harga jika kolom diskon bernilai “Y” maka barang terkena diskon 0,3
    2. Tentukan rumus kategori jika:
    a) Kolom jumlah bernilai 9 atau lebih maka kategori lulus
    b) Kolom jumlah bernilai 5 maka kategori “sedang”
    c) Kolom jumlah bernilai kurang dari 5 maka kategori “biasa”
    Untuk menjawab soal di atas maka rumus yang akan di tulis adalah sebgai berikut:
    1. Rumus untuk mencari total harga yaitu menggunakan fungsi IF tunggal dan perkalian yaitu: =H6*IF(G6=”Y”, 0.3,1)
    2. Rumus untuk mencari kolom kategori yaitu menggunakan fungsi if yaitu: =IF(H6>=9,”LARIS”,IF(H6=5, “SEDANG”, IF (H6<=5, “BIASA”))))

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

pertemuan ke empat, ms excel

Dipublikasi pada 27 Desember 2014 oleh 07muhyusuf

  1. Pengenalan dan Sejarah Microsoft Excel
  2. Pengenalan Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalahsebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk system operasi Microsoft Windows dan Mac

OS.Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi danpembuatan grafik yang baik, denganmenggunakanstrategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagaisalahsatu program komputer yang popular digunakan di dalam computer mikro hingga saat ini. Bahkan, saatini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjakversi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagiandari Microsoft Office System, dan versiterakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalampaket Microsoft Office System 2013 .

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkatlunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administrative mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebihkompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang danperkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft

Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,

Tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh

permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan

(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot table atau penggunaan fungsi –fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang

Komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

  1. Penggunaan Microsoft Excel
    1. Menu dan icon pada Microsoft Excel
Gambar 1. Unsur-unsurutamaLayar Microsoft Excel 2007
  1. Judul

Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.

  1. Office Button

Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.

  1. Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
  2. Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
  3. Toolbar
  4. Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
  5. Help

Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.

  1. Lembar Kerja (Workbook)

Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.

  1. Cell

Cell Aktif Penggulung vertikal

  1. Lembar aktif
  2. Nama Range
  3. Fungsi
  4. Penggulung
  5. Nomor Baris
  6. Nomor Kolom
  1. Membuat dokumen pengolah angka

Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :

Gambar 2. PengisianDaftarNilaiSiswa
  1. Penerapan Microsoft Excel

Microsoft Excel dapatLangkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:

  • Buat Judul dan Sub Judul Laporan

Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut. Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.

  • Penggunaan alignment, format font dan format Cell
  • Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
Gambar 3MeletakkanJudulDitengah

Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic.

Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti Gambar 2.

  • Penggunaan format Tabel dan Cell

Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.

Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara :

Gambar 4Pengaturan Style Tabel

Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border seperti pada tampilan dibawah ini.

Gambar 5PembuatanTabel

Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan dibawah ini.

Gambar 6fasilitas format cell
  1. Macam-macam formula
    1. =SUM(…)

Fungsinya :Untukmelakukanpenjumlahan

Bentukumum : =SUM(range sel)

Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15

Penulisan : =SUM(H5:H15)

  1. =COUNT(…)

Fungsinya : Untuk melakukan counter

Bentuk umum : =COUNT(range sel)

Contoh : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15

Penulisan : =COUNT(B5:B15)

  1. =MAX(…)

Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)

Bentuk umum : =MAX(range sel)

Contoh : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetansel yang berada di sel F1 sampai sel F17

Penulisan : =MAX(F1:F17)

  1. =MIN(…)

Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)

Bentuk umum : =MIN(range sel)

Contoh : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17

Penulisan : =MIN(F1:F17)

  1. =AVERAGE(…)

Fungsinya : Untuk mencari nilai rata-rata

Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)

Contoh : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17

Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)

  1. =ABS(…)

Fungsinya : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)

Bentuk umum : =ABS(range sel)

Contoh : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17

Penulisan : =ABS(F17)

  1. =SQRT(…)

Fungsinya : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif

Bentuk umum : =SQRT(range sel)

Penulisan : = SQRT(25)

  1. =IF(…;…;…)

Fungsinya : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)

Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)

Contoh : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.Jika nilai rata

rata siswa lebih besar samadengan 60, maka siswa dinyatakan

LULUS, dan sebaliknya.

Penulisan : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)

artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL

Keterangan :

Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false

  1. =DATE(Year,Month,Date)

Fungsinya : Untuk menghitung jumlah hari

Contoh : =DATE(73,8,11) à 26887 hari

  1. =VLOOKUP

Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal

Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array;

Col_index_num; Range_lookup)

  1. =HLOOKUP

Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal

Bentuk umum :=HLOOKUP(lookup_value; table_array;

Col_index_num; Range_lookup)

  1. =LEFT(…;…)

Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri

Bentuk umum :=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)

Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf

Penulisan : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb

  1. =RIGHT(…;…)

Fungsinya :Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan

Bentuk umum :=RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)

Contoh :Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf

Penulisan :=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari

  1. =MID(…;…;…)

Fungsinya : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu

Bentuk umum :=MID(teks;start_number; number_char)

Contoh : Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)

Penulisan : =MID(F17:3:3)

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

pertemuan ke tiga, ms office

Dipublikasi pada 27 Desember 2014 oleh 07muhyusuf

 

 

  1. Microsoft Word office

Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Office Word 2007-2010

Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak.

Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikatlabel, dan amplop.

Untuk membuat mail merge terdiri dari 2 dokumen, yaitu:

  • Dokumen Master, dokumen yang isinya sama untuk semua penerima.
  • Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima.
    Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.

Pada tutorial ini,

 data source menggunakan Excel

karena cara ini lebih cepat. Selain itu:

  • Lebih mudah mengontrol dan menambah data baru.
  • Lebih mudah membaca data yang ditampilkan di lembar kerja Excel terutama bila kita ingin memperbaiki kekeliruan seperti salah pengejaan dan sebagainya.
  • Juga mempermudah menyalin data source pada dokumen Excel ke lembar kerja yang lain.
    Misalnya dalam membuat sertifikat pelatihan yang pesertanya lebih kurang sama, maka akan lebih mudah memilih nama pada lembar kerja tersebut dan menyalinnya ke dokumen (data source) baru.

Langkah-langkah membuat mail merge adalah sebagai berikut:

Tahap I Membuat Data Source

    1. Buat data source di Excel seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan namaData Surat.

Tahap II Membuat Dokumen Master

    1. Buat dokumen master surat di Word seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Master Surat.
      Beri jarak untuk menaruh nama dan alamat.
      Dokumen ini jangan ditutup karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut:menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master.

Tahap III Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master

    1. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge.
    2. Selanjutnya kita akan memilih data source.
    3. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
    4. Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialogSelect Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table.
    5. Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK.
    6. Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya.
    7. Taruh di kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings tab, grupWrite & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Nama.
    8. Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini.
      Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua <<data field>>.

Tips:

      • Di sini kita dapat mengatur format surat, seperti memberi cetak tebal padaNama dan sebagainya.
      • Bila hanya data tertentu saja yang ingin dipilih, lakukan cara berikut:
        1. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Edit Recipient List.
        2. Di kotak dialog Mail Merge Recipients, kosongkan kotak pada daftar seperti contoh di bawah ini.
      • Bila ada penambahan data baru di Excel, klik nama dokumen pada Data Source dan klik tombol Refresh. Data yang baru akan ditampilkan di daftar.
    1. Untuk melihat hasil penggabungan, klik tombol PreviewResults.
      Surat akan ditampilkan per data. Klik tanda panah untuk berpindah antar data.
      Jika masih ada yang ingin diubah, klik lagi tombol PreviewResults dan lakukan perubahan yang diinginkan.

Tahap IV Menyimpan dan Mencetak Mail Merge

  1. Pada tahap ini, klik tombol Finish & Merge dan pilih:
    • Print Documents, untuk mencetak surat.
      Ada 3 pilihan:

      1. All untuk mencetak semua surat.
      2. Current record untuk mencetak surat pada halaman yang aktif.
      3. Isi nomor urut data pada kotak From dan To, untuk mencetak surat yang dipilih saja.
    • Edit Individual Documents, untuk menyimpan hasil penggabungan ke dokumen baru.
      Pilihan sama dengan di atas (AllCurrent record dan nomor urut tertentu).
      Pada dokumen baru, setiap surat akan ditampilkan per halaman. Jangan lupa menyimpan dokumen baru tersebut.sumber.

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

pertemuan ke kelima dan ke enam, fungsi IF dan penggunaannya

Dipublikasi pada 27 Desember 2014 oleh 07muhyusuf

Fungsi IF ( IF Tunggal, IF Bertingkat, IF AND dan IF OR)

Fungsi IF Tunggal

Dalam Excel perintah logika dikenal dengan fungsi logika IF, yaitu suatu fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapkan dengan suatu kondisi tertentu.Kondisi tersebut membentuk suatu pernyataan yang baku dan menuntut jawaban “Benar” dan “Salah”.

Rumusnya,

Perlu diingat tentang operasi logika / operator pembanding, digunakan sebagai syarat dari kondisi.

Untuk setiap nilai benar dan salah yang diberikan, jika bertype Karakter, makaharus dipetikdua ( ”  ” ) sedangkan yang bertypeNumerik / Angka maka diketikkan biasa saja. Fungsi logika IF yang hanya memiliki satu kondisi / syarat, sehingga dipastikan memiliki dua hasil yang akan ditampilkan yaitu hasil yang sesuai syarat (kondisi) atau hasil yang tidak sesuai syarat (kondisi) akibat dari satu kondisi / syarat tersebut, sehingga hanya membutuhkan satu IF (Tunggal)

Rumus seperti di atas ….

Contoh :

Dalam pelajaran TIK, Jika Nilai TIK kalian kurang dari 75 maka harus remidi dan jika mendapatkan nilai 75, 76 ke atas berarti kalian lulus.
Berarti, jika isi sel B3 (nilai) < 75 (kondisi) maka Remidi (Hasil sesuai kondisi) dan jika isi sel B3 (nilai) >= 75 (selain< 75) maka Lulus (Hasil tidak sesuai kondisi).

Fungsi IF Bertingkat

Fungsi IF sendiri pada Excel merupakan fungsi dasar yang sering digunakan untuk mengolah suatu nilai data tertentu demi mendapatkan kriteria yang sesuai dengan nilai range atau nilai batas pemilihannya.

Fungsi ini sering disebut juga sebagai fungsi untuk pengambilan keputusan, dimana kita menetapkan rule / aturan dalam menentukan nilai yang berbeda, sehingga nilai tersebut akan dikelompokkan sesuai dengan batasan yang telah ditentukan.

Syntax dasar dari fungsi IF adalah sebagai berikut =IF(logical_test_value; value_if_true; value_if_false) 

  1. Logical_test bisa berupa nilai atau ekspresi yang dapat dievaluasi ke nilai TRUE (benar) atauFALSE (salah)
  2. Value_if_true adalah nilai yang dikembalikan/dihasilkan jika logical_test bernilai benar
  3. Value_if_false adalah nilai yang dikembalikan/dihasilkan jika logical_test bernilai salah

Sedangkan Syntax dari Fungsi IF bertingkat adalah sebagai berikut :
=IF(logical_test_value; value_if_true_1;IF(logical_test_value; value_if_true_2;IF(logical_test_value; value_if_true_n;value_if_false)

Untuk lebih jelasnya sekarang buat tabel seperti yang tedapat pada gambar di bawah ini :

setelah Anda selesai membuat tabel Nilai seperti gambar diatas, pada cell F3 buatformulanilai rata-rata dengan rumus =SUM(C3:E3)/3, kemudian copy paste pada baris selanjutnya. Perhatikan untuk kolom Nilai Angka, buat formula fungsi IF pada cell G3 tersebut seperti ini :

=IF(F3>=85;”A”;IF(F3>=70;”B”;IF(F3>=55;”C”;”D”)))

Dari formula IF bertingkat tersebut, ditentukan bahwa apabila nilai rata-rata yang terdapat pada Cell F3 bernilai lebih dari 85 maka Nilai Angka(Huruf) pada cell G3 akan bernilai “A”, jika nilai>= 70 maka nilai angka “B”, sedangkan nilai “C” jika nilai rata-rata >= 55 dan “D” apabila nilai rata-rata kurang dari 55. Selanjutnya adalah copy paste pada baris berikutnya pada kolom angka tersebut sehingga akan didapatkan hasil seperti yang tedapat pada gambar berikut ini :

Fungsi IF AND

Rumus AND Excel digunakan untukdua logika (kriteria) atau lebih yang semuanya harus memenuhi syarat maka menghasilkan nilai TRUE.Jika salah satu logika tidak terpenuhi sesuai dengan syarat yang ditetapkan, maka akan menghasilkan nilai FALSE.
Penulisan atau bentuk dasar rumus AND

=AND(logika_1,logika_2)
Tanpa basa-basi langsung dipraktikkan.Saya mengambil contoh yang sudah dipakai rumus OR. Cuma diganti rumusnya menjadi AND.

=AND(A1=5,B1>7)
Rumus ini menghasilkan nilai TRUE jika sel A1 berisi 5 dan B1 lebih besar dari 7.Ketika salahsatunya tidak memenuhi syarat tersebut maka akan menghasilkan FALSE.

Rumus IF AND Excel

Sekarang kita gabungkan penggunakan rumus AND dengan IF.

=IF(AND(A1=5,B1>7),A1+B1,”INTERNET”)

Jika
sel A1 = 5 dan selB1 > 7 maka diisi A1+B1 kalau tidak maka diisi kata “INTERNET”

Untuk penggunakan rumus bertingkat IF OR AND sekaligus tidak saya uraikan dalam artikel ini, karena sudah capek ngetiknya (:lol: padahal karena sulit dalam penjelasannya, jadi panjang). Sebagai contoh

saja =IF(AND(OR(E2>10,K2>10)=5,SUM(E2,K2)=5),”tidak”) tentunya ini kalau

dijelaskan jadi muter-muter. Penggunaannya bisa dilihat pada contoh yang bisa di download.

Fungsi OR

Mulai dari rumus OR Excel, digunakan untuk dua logika (kriteria) atau lebih yang salah satunya memenuhi syarat maka menghasilkan nilai TRUE. Tidak harus semua logika terpenuhi sesuai dengan syarat yang ditetapkan. Rumus OR Excel, dalam bahasa sehari-hari kita sudah tahu, artinya “ATAU”, sudah pada mengerti maksudnya. Memahami secara sederhana misalnya komputer hidup atau standby, berarti saya di rumah Kata “hidup” adalah logika 1.Kata “standby” adalah logika 2.Sedangkan “rumah” yaitu nilai “TRUE” dari kedua logika jika salah satunya memenuhi syarat. Jika tidak ada yang memenuhi syarat, kedua logika salah, misalnya komputer “mati“, maka nilai yang dihasilkan adalah “FALSE“. Dari contoh 2 logika di atas, kondisi komputer yang hidup atau komputer standby. Jika salah satu logika ini terpenuhi, maka artinya saya di rumah. Tetapi sebaliknya, kalau tidak hidup atau tidak standby, berarti kondisi komputer mati, artinya saya tidak di rumah.
Penulisan atau bentuk dasar rumus OR

=OR(logika_1,logika_2) =OR(“komputerhidup“,”komputermati“)

Sekarang langsung dipraktikkan di sheet Excel penggunaannya.Umpanya sel A1 berisi angka 5, dan B1 dengan angka 7. Isi sel C1 dengan rumus OR Excel =OR(A1=5,B1>7)

Logika_1 sama dengan 5, logika_2 berisi lebih besar dari 7. Jika salah satu logika ini memenuhi syarat maka akan menghasilkan TRUE. Jika tidak ada yang sesuai kriteria (sama dengan 5 atau lebih besar 7) maka akan menghasilkan FALSE. Coba gantilah di sel A1 dan B1.
PenggunaanRumus IF OR Excel

Nah sekarang kita gabungkan penggunakan rumus OR dengan IF. Supaya cepat dalam memahami struktur setiap rumus Excel, memahami satu per satu rumus dasarnya merupakan hal penting. Karena saya sudah posting artikel tentang penggunaan rumus if, maka kali ini tidak dibahas. Langsung membuat rumus bertingkat dengan IF dan OR.
Dari contoh di atas (maksudnya yang terakhirya) sekarang kita tambah dengan rumus IF
=IF(OR(A1=5,B1>7),A1+B1,”INTERNET”)
Jika
sel A1 = 5 atau sel B1 > 7 maka diisi A1+B1 kalau tidak maka diisi kata “INTERNET”

Dengan memahami struktur di atas tentu akan memudahkan dalam memodifikasi formula Excel. Warna dibuat beda-beda bikin pusing gayatujuannya agar lebih mudah membaca

rumus logikanya.

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

pertemuan kedua, mengenal sistem operasi windows

Dipublikasi pada 25 Desember 2014 oleh 07muhyusuf

MENGENAL SISTEM OPEASI WINDOWS

Saat ini sudah banyak sistem operasi komputer yang beredar di pasaran. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa Windows lah sistem operasi komputer. Oleh karena itu artikel tik akan membahas mengenai berbagai macam sistem operasi komputer. Beberapa sistem operasi yang terkenal saat ini adalah Windows, Mac OS, Linux, UNIX,  DOS.

  1. Microsoft Windows

Microsoft windows adalah nama umum untuk sistem operasi berbasi GUI yang dibuat oleh Microsoft. Program-program yang termasuk dalam kategori Windows adalah Windows 3.1, WIndows 95, Windows 98, Windows Me, Windows XP, Windows NT, Windows 2000, WIndows 7 dan yang terbaru Windows 8, Sistem awal Windows diberinama dengan WIndows 1.0 yang diluncurkan pada tahun 1985, sebagai langkah untuk menyaingi kepopuleran sistem Micintosh. Pada tahun 2007, perusahaan Microsoft mengeluarkan sistem operasi Windows Vista.

  1. Mac OS

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System, Sistem operating sistem ini berbasis GUI (Graphical User Interface) yang berjalan pada komputer Macintosh. SIstem operasi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali tahun 1984. Namun, nama Mac OS baru diperkenalkan pada pertengahan 90-an. Di Indonesia, Macintosh banyak dipakai di kalangan penerbit dan biasa dipakai di kalangan penerbit dan biasa dipakai untuk menangani perwajahan (layout) bahan-bahan publikasi.

Berbeda dengan DOS, sistem operasi ini menggunakan pendekatan grafis sebagai antarmuka untuk pemakai atau dikenal dengan istilah GUI. Pemakai lebih mengandalkan mouse untuk melakukan perintah pada tampilan grafis sebagai pengganti mengetikkan perintah melalui keyboard yang biasa dilakukan pada model DOS. Pada sistem seperti ini, penyalinan file dapat dilakukan cukup dengan menggunakan mouse.

  1. DOS

Sesuai dengan namanya, DOS adalah Diskette Operating System merupakan sistem operasi yang terkemas dalam sebuah disket berkapasitas 360 MB. Sistem operasi ini sangat populer di awal dekade 80-an ketika komputer disebut IBM PC mulai populer sebagai komputer perorangan, Pada masa itu komputer belum dilengkapi dengan hard disk. Jenis DOS ada dua macam taiut PC DOS yang dibuat oleh IBM dan MS DOS buatan Microsoft. Saat ini DOS sudah jarang digunakan karena terpinggirkan oleh sistem windows.

  1. LINUX

Linux adalah sistem operasi semacam UNIX yang sangat populer di lingkungan PC narena tergolong sebagai Open Source atau jenis software yang dapat dipakai secara bebas. SOftware ini menjadi alternatif bagi mereka yang tidak mau mengeluarkan biaya besar untuk membeli perangkat lunak, tetapi tidak mau membajak perangkat lunak tersebut. Sistem operasi ini diciptakan oleh Linus Benedict Torvalds atau biasa disbut Lius Torvald, seorang insinyr perangkat lunak kelahiran Finlandia pada tahun 1969. Linuz mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 1991. Selai digunakan untuk kepentingan pribadi, sistem operasi ini banyak dipakai utuk server bagi perusahaan.

  1. UNIX

Unix adalah nama umum sistem operasi yang dapat dijalankan pada berbagai jenis komputer, mulai dar mikrokomputer PC, minikomputer hingga main frame. Dalam implementasinya, nama sistem operasi ini sangat bervariasi. Misalnya AIX pada mini komputer bautan IBM, HP/UX pada mini komputer buatan Hwelett-Packard dan SCO Unix yang ditunjukan untuk PC.

Sistem operasi ini diciptakan pada tahun 1969 di Labolatorium Bel AT&T oleh Ken Thompson, Dennis Ritche, Douglas Mcllroy dan pada awallnya hanya ditunjukan pada minikomputer tahun 1971. Pada perkembangan selanjutnya, sistem ini mulai diadaptasikan ke pelbagai platform dan pada setiap platform diberi nama yang berbeda.

Awalnya sistem ini berbasis perintah. Namun, sekarang banyak sistem UNIX yang telah berbasis GUI.

Sumber: Having Fun with Computers, Abdul Kadir

Random Posts

  • Aneka Ragam Internet Browser
    Ada banyak browser yang bisa digunakan untuk mengkases situs web di internet.Saat ini Mozilla Firefox adalah browser terbaik yang paling banyak digunakan oleh internet user. Selain itu juga ada Intern…
  • Peran TIK di Bidang Kepolisian
    Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK dapat masuk kedalam segala bidang termasuk Kepolisian. Kepolisian mengunakan teknologi informasi untuk melakukan berbagai aktifitas. Contoh yang umum adalah…
  • Pengertian File, Folder dan Drive
    Jika Anda bekerja dengan komputer, Anda sering melakukan penyimpanan data ke dalam media penimpanan, baik itu berupa hard disk, disket, ataupun flash disk. Data yang tersimpan dalam media penyimpan bi…
  • Mengetahui Fungsi Keyboard
    Keyboard adalah piranti masukan yang paling umum dipakai dalam sistem komputer. Piranti ini terdiri dari sejumlah tombol, yaitu: Pengetikan terdiri dari abjad, angka, dan simbol seperti + dll Fu…

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

pertemuan pertama, sejarah computer dan generasinya

Dipublikasi pada 25 Desember 2014 oleh 07muhyusuf

Sejarah Komputer dan Generasinya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sejarah Komputer – kita sudah sering bermain komputer tapi dari mana komputer itu dan generasinya. Kali ini saya akan membahas sejarah komputer dan generasinya

SEJARAH KOMPUTER

A.PENGERTIAN KOMPUTER :

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare yang berarti menghitung .

Dalam bahasa inggris computer disebut To Compute .

B.DEFINISI KOMPUTER :

Sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input),mengoah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah control program yang tersimpan di memori nya.

C.PENGGOLONGAN KOMPUTER :

Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya .

1.Berdasarkan Data Yang Di Olah

1.Komputer Analog

2.Komputer Digital

3.Komputer Hybrid

2.Berdasarkan Penggunaanya

1.Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)

2.Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

3.Berdasarkan Kapasitas Dan Ukurannya

  1. Komputer mikro

2.komputer Mini

3.Komputer Kecil

4.Komputer Menengah

`           5.Komputer Besar

6.Komputer Super

4.Berdasarkan Generasinya

1.Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

2.Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

3.Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

4.Komputer Generasi Keempat (1979-Sekarang)

5.Komputer Generasi Kelima

D.SEJARAH KOMPUTER

Sejak jaman dahulu kala pengelolaan data sudah dilakukan oleh manusia.Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan alat-alat elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pegolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat .Komputer saat ini yang kita gunakan dan kita temui adalah hasil dari evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala .

Pada saat ini komputer telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Bahkan komputer dan internet dapat menghubungkan berbagai tempat di dunia.

Awal mula komputer di bentuk oleh seorang professor matematika dari inggris Charles Babbage (1791-1871). Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan defferensial.mesin tersebut dinamakan mesin defferensial.Dengan menggunakan tenaga uap ,mesin tersebut dapat menyimapan program dan dapat melakukan kalkulasi dan mencetak hasilnya secara otomatis .

Selama sepuluh tahun tiba-tiba Babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama ,yang di kenal Analytical Engine.Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan mesin ini .Pada tahun 1980 Departemen Pertahanan Amerika serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai tanda penghormatan kepadanya.

Pada 1889,Herman Hollerith(1860-1929) menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan perhitungan. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukan data yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik .Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel.

Hollerih kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjual nya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company .Pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger .Perusahaan lain seperti Remington rand and burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk bisnis.Kartu perforasi di gunakan juga untuk kalangan bisnis dan pemerintahan untuk pemrosesan data hingga tahun 1960 .

Pada masa berikut nya beberapa insinyur membuat penemuan baru lain nya di antara nya :

  • Vannevar bush ( 1890-1974) ia membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial pada tahun 1931.
  • John V attanasoff dan Clifford berry ,pada tahun 1903 mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Komputer generasi pertama di karakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi di buat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin”. Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk di program dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Terjadinya perang dunia membuat Negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang di miliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.

Pada tahun 1941,Konrad Zuse. Seorang insinyur jerman membangun komputer Z3.untuk mendesian pesawat terbang dan peluru kendali .

Pada Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan :

  1. colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didisain untuk memecahkan kode rahasia.
  2. keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Howard H. Aiken (1900-1973) ,seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.

Pada tahun 1945, Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.

Pada Tahun 1951, Remington Rand membuat UNIVAC I (Universal Automatic Computer I), menjadi komputer komersial pertama, Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

KOMPUTER GENERASI KEDUA

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. pada tahun 1956, Transistor mulai digunakan di dalam komputer. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah SUPER KOMPUTER. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data.Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya, Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan salah satu nya adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.

Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

KOMPUTER GENERASI KETIGA

Pada tahun 1958, Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi IC ( integrated circuit). Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip, Pada tahun 1980-an, memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan

Pada tahun 1971 ,Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC, dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.

Pada tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.

Pada tahun 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat deprogram. Kemudian Pada tahun 1981,Penggunaan Personal Computer (PC) dikenalkan oleh IBM untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

KOMPUTER GENERASI KELIMA

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000, HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia, Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima, Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

  1. JENIS KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH
  2. KOMPUTER ANALOG

Komputer ini merupakan komputer yang di gunakan untuk menerima sinyal analog,Komputer ini biasanya di gunakan untuk melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk angka namun yang bersifat gelombang.

  1. KOMPUTER DIGITAL

Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan kita kenal ,data yang di terima merupakan sudah menjadi data yang berupa digital.

  1. KOMPUTER HYBRID

Komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital.

Komputer jenis ini di peruntukan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitaif maupun kualitatif.

Iklan